Kementerian Pertanian RI Sematkan Predikat 'BPP Berprestasi' Tahun 2022 kepada Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara


Tarutung, 
Dinas Pertanian melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara mendapatkan Juara I sebagai Balai Penyuluh Pertanian Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 yang ditetapkan oleh Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 11 Juli 2022. 

Piagam penghargaan diserahkan pihak Kementerian Pertanian dalam kegiatan “Sarasehan Petani Milenial 2022” di Bumi Perkemahan Ragunan Jakarta yang berlangsung sejak tangal 28 Agustus hingga 30 Agustus 2022. Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah terhadap dedikasi yang telah diberikan dalam memajukan sektor pertanian di daerah. Dan diharapkan, penghargaan tersebut mampu menjadi motivasi untuk semakin bersemangat membangun sektor pertanian, ini merupakan hasil seleksi dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi Sumut. Setelah itu selanjutnya pihak Dinas TPH Sumut mengusulkan hasil seleksi tersebut ke Kementerian Pertanian.

Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara dengan kekuatan 15 personil penyuluh mampu melakukan beragam kegiatan yang bermanfaat bagi para petani sekitar. Beberapa diantaranya seperti melakukan demplot atau lahan percontohan pertanaman di lingkungan Kantor BPP Tarutung seluas 2 hektar, BPP Tarutung aktif melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada para petani setempat, serta menggelar Klinik Pertanian di Pasar Kota Tarutung. membina sebanyak 225 kelompok tani, para petugas penyuluh di BPP Tarutung tergolong aktif dalam melakukan tugas pokok dan fungsinya, sebagai wadah para penyuluh dan petani di daerah.

Kedepannya Kantor BPP harus menjadi pusat informasi sekaligus kegiatan yang bermanfaat. Jadi, Kantor BPP bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) harus selalu mengikuti perkembangan zaman agar bisa membimbing sekaligus memberikan pencerahan kepada para petani agar bisa meningkatkan produksi pertanian. Dan diharapkan BPP Tarutung tetap mempertahankan prestasinya dan BPP Kecamatan lain juga harus mampu ikut bersaing meraih juara kedepannya.