Kabupaten Tapanuli Utara Raih Juara 1 dan 2 Kategori Durian Unggul Lokal


Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura mengadakan Festival Benih dan Buah Unggul Lokal Tahun 2022, festival ini diselenggarakan di Medan pada tanggal 18-22 Oktober 2022. Pada kesempatan ini, Kabupaten Tapanuli Utara melalui Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Tapanuli Utara memperlombakan 4 durian unggul lokal, yaitu : 
• Durian Sikotok (Kec. Pahae Jae) 
• Durian Tanjung (Kec. Muara)
• Durian Siratarata (Kec. Pahae Julu)
• Durian Sipulut (Kec. Pahae Jae)

Berdasarkan penilaian dan pengamatan dari Dewan Juri yang meliputi kriteria Bobot Buah, Bentuk Buah, Warna Kulit Buah, Ketebalan Daging, Ukuran Biji, serta Rasa dan Keunikan, Durian Unggul Lokal Sikotok (Kec. Pahae Jae) Meraih Juara 1 dan Durian Unggul Lokal Tanjung (Kec. Muara) Meraih Juara 2.

Kategori Durian Unggul Lokal ini diikuti oleh 5 Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Dairi, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Tapanuli Selatan

.

Ibu Hj. Lusyantini selaku Plt. Kadis Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura langsung memberikan Piala dan hadiah untuk para pemenang pada tanggal 22 Oktober 2022. 

Melalui Festival ini, Durian Unggul Lokal Sikotok (Kec. Pahae Jae) akan diprioritaskan untuk Pelepasan Varietas oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Sehingga nantinya Kabupaten Tapauli Utara akan punya Varietas Durian Unggul yang bersertifikat.