Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur Melakukan Kunjungan/Study Banding ke Kabupaten Tapanuli Utara


Tarutung,

Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara pada hari Jumat / tanggal 26 Agustus 2022 mendampingi  Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur dalam rangka Study Banding Good Agricultura Practices (GAP) yang di pimpin oleh Bapak Kepala Bidang Produksi Tanaman Tahunan - Ir. Bagus Budi Hermanto, MM dkk ke lokasi Demplot Kebun Kopi - Desa Pohan Tonga / Pargompulan Kec. Siborong-borong Kab. Tapanuli Utara yang di dampingi oleh  Kepala Bidang Perkebunan Bapak Ir. Hotman Sianturi, M.MA bersama Bapak Dr. Ir.Surip Mawardi, S.U dan Bapak Joko Prabowo selaku Pakar Pemerhati Kopi  dalam  organisasi MPIG Kopi Arabika Tapanuli Utara.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk melihat  penerapan  pertanaman GAP Tanaman Kopi yang ada di Kab. Tapanuli Utara sebagai perbandingan  dengan pola pertanaman kopi di Provinsi Jawa Timur , dimana Kopi Kab. Tapanuli Utara telah berhasil dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat petani kopi melalui pola pertanaman system segitiga (PGS)  yang terbukti dapat meningkatkan  produksi dan produktivitas serta kwalitas tanaman kopi sehingga dapat bersaing   di tingkat nasional maupun internasional yang didukung dalam wadah Organisasi MPIG Kopi Arabika Tapanuli Utara.

Sebagai hasil kunjungan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur ke Kabupaten Tapanuli Utara, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur akan mengadopsi pola pertanaman system segitiga (PGS) yang ada di demplot Dusun Pargompulan Desa Pohan Tonga untuk di terapkan di Provinsi Jawa Timur serta  mengundang Dinas Pertanian Kab. Tapanuli Utara untuk  datang dalam kunjungan balasan  ke Dinas Perkebunan dan sekaitan dengan adanya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember - Jawa Timur sebagai perbandingan dalam mendapatkan benih/bibit tanaman kopi dan kakao yang  bermutu/ berkwalitas dan bersertifikat .